HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR (SD) (Studi Korelasional pada Forum Komunikasi Guru Honorer Sekolah di Kota ( 0700707 )

Posted: Oktober 10, 2011 in Uncategorized
Burnout merupakan gejala yang lebih banyak ditemukan pada bidang pekerjaan sosial dibandingkan pekerjaan lainnya. Profesi guru honorer merupakan salah satu bidang pekerjaan sosial yang beresiko tinggi untuk terkena stres kerja yang bersifat kronis yang memungkinkannya untuk dapat menimbulkan burnout. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya burnout adalah dukungan sosial yang didapat baik dari atasan, teman sejawat, dan keluarga. Dukungan sosial dinilai berhubungan langsung dengan burnout, dan dapat mengurangi terjadinya burnout Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik kejelasan hubungan antara dukungan sosial dengan burnout pada guru honorer di Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan kepada guru honorer yang mengajar di Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung  sebanyak 100 orang guru honorer. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui gambaran umum dukungan sosial dengan burnout. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Rank Spearman dengan α = 0,05 dengan bantuan software SPSS Versi 17.0. for windows. Hasil penelitian menunjukkan DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s