PENGARUH LAYANAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SMK NEGERI SE-KECAMATAN ( 060050 )

Posted: September 28, 2011 in Uncategorized
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Layanan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru di SMK Negeri Se-Kecamatan Lengkong Kota Bandung”. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau  mengungkapkan besaran pengaruh dari layanan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SMK Negeri se-Kecamatan Lengkong Kota Bandung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena membahas masalah aktual yang terjadi pada masa sekarang. Jumlah populasi di dalam penelitian ini sebanyak 323 orang guru, namun yang dijadikan sampel penelitian adalah 76 orang guru. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah (1) perhitungan WMS untuk mengetahui kecenderungan skor responden, (2) uji normalitas distribusi data, (3) analisis Korelasi Kendall Tau, (4) uji signifikansi, (5) uji determinasi.

Data yang terkumpul untuk variabel X berdistribusi normal, berbeda dengan variabel Y yang berdistribusi tidak normal. Hasil uji kecenderungan umum skor rata-rata variabel X (layanan supervisi kepala sekolah) sebesar 3,79 yang berarti termasuk kriteria baik. Sedangkan skor rata-rata untuk variabel Y (kinerja mengajar guru) sebesar 4,42 yang berarti termasuk kriteria sangat baik.

Hasil perhitungan analisis korelasi dengan menggunakan metode korelasi Kendall Tau, diperoleh harga koefisien korelasi (τ) variabel X dan variabel Y sebesar 0,34 berarti besarnya pengaruh layanan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru menunjukkan tingkat pengaruh yang rendah.

Sedangkan untuk uji signifikansi dengan tingkat signifikansi 5%, harga Ztabel = Z0,025 = 1,96, sedangkan nilai Zhitung sebesar 4,36.  Z hitung lebih besar daripada Z tabel, atau 4,36 > 1.96 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara layanan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SMK Negeri se-Kecamatan Lengkong Kota Bandung.

Perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa besarnya derajat determinasi variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 11,56%. Artinya variabel layanan supervisi kepala sekolah memberikan pengaruh yang sangat rendah terhadap kinerja mengajar guru yaitu sebesar 11,56% dan sisanya 88,44% ditentukan oleh faktor lain.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s