KONTRIBUSI KERJA PENGAWAS SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS I DI KECAMATAN ( 0606142 )

Posted: September 28, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini berjudul “Kontribusi Kerja Pengawas Sebagai Supervisor Akademik Terhadap Kemampuan Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri se-Gugus I di Kecamatan Bayongbong Garut”. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama mengenai bagaimana implementasi kerja pengawas sebagai supervisor akademik, kedua mengenai bagaimana kemampuan profesional guru, dan yang ketiga adalah mengenai seberapa besar kontribusi kerja pengawas sebagai supervisor akademik terhadap kemampuan profesional guru.

Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang ditunjang dengan studi kepustakaan. Populasi penelitian adalah seluruh guru di Sekolah Dasar Negeri se-Gugus I di Kecamatan Bayongbong Garut. Adapun pengambilan sampel diambil dari keseluruhan populasi dengan jumlah 62 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dengan lima skala (Likert).

Teknik pengolahan data menggunakan: 1) Perhitungan WMS (Weight Means Scored), 2) Uji normalitas distribusi data, 3) Analisis korelasi dan determinasi, dan 4) Analisis regresi.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus WMS, diperoleh hasil kecenderungan kerja pengawas sebagai supervisor akademik termasuk dalam kategori baik (3,77). Sedangkan hasil kecenderungan kemampuan profesional guru juga dalam kategori baik (3,75).

Berdasarkan uji normalitas terhadap distribusi data, diperoleh hasil bahwa kedua variabel berdistribusi normal, selanjutnya analisis data menggunakan statistik parametrik. Analisis korelasi menggunakan PPM (Pearson Product Moment) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,520. Hal ini menunjukkan korelasi kedua variabel termasuk ke dalam kategori cukup kuat. Adapun hasil perolehan koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y sebesar 27,01%. Angka tersebut menggambarkan bahwa variabel X (kerja pengawas sebagai supervisor akademik) memberikan  kontribusi terhadap variabel Y (kemampuan profesional guru) sebesar 27,01% sedangkan sisanya sebesar 72,99% ditentukan oleh variabel lain, diantaranya adalah latar belakang pendidikan, fasilitas pendidikan, pengalaman dan kemauan.

Dapat disimpulkan bahwa hipotesis DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s