STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU YANG SUDAH LULUS SERTIFIKASI DAN YANG BELUM LULUS SERTIFIKASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN ( 06119 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa guru adalah ujung tombak kesuksesan pendidikan, karena maju mundurnya pendidikan terletak di tangan seorang guru. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen merupakan langkah awal kebijakan peningkatan kualitas guru. Telah diberlakukan program sertifikasi terhadap Guru dan Dosen tersebut bertujuan agar ada peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Namun permasalahannya adalah apakah ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan profesional guru setelah adanya sertifikasi guru?

Skripsi ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai perbedaan kemampuan profesional guru yang sudah lulus sertifikasi dan yang belum lulus sertifikasi di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Andir Kota Bandung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang ditunjang oleh studi kepustakaan dan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 222 responden dari seluruh guru di SD Negeri yang berada di Kecamatan Andir Kota Bandung. Perhitungan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cara random sampling sebanyak 59 responden, yaitu 18 guru yang sudah lulus sertifikasi dan 41 guru yang belum lulus sertifikasi. Namun dari hasil pemeriksaan dan penyeleksian data, angket yang dapat diolah sebanyak 54 angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dengan lima skala (Likert).

Hasil pengolahan data WMS (Weighted Means Score) menunjukkan bahwa kecendrungan umum skor responden variabel X1 (kemampuan profesionalguru yang sudah lulus sertifikasi di SD Negeri Se-Kecamatan Andir Kota Bandung) berada dalam kategori sangat baik yaitu dengan skor rata-rata 4,39 sedangkan untuk variabel X2 (kemampuan profesionalguru yang belum lulus sertifikasi di SD Negeri Se-Kecamatan Andir Kota Bandung) berada dalam kategori sangat baik yaitu dengan skor rata-rata 4,23. Dengan demikian rata-rata selisih antara variabel X1 dan variabel X2 adalah sebesar 0,16 hal ini menunjukkan bahwa selisih antara variabel X1 dan variabel X2 dapat dikategorikan sangat rendah.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s