SKRIPSI STUDI DESKRIPTIF BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DI SMKN ( 6004 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Judul penelitian ini adalah Studi Deskriptif budaya Organisasi Sekolah di SMKN 1 Majalengka. Latar belakang penelitian ini yaitu berawal dari perkembangan budaya global yang begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar  luas ke seluruh dunia. Pentingnya pemahaman dan pengembangan terhadap budaya nasional dan daerah, pemerintah melalui sekolah (sebagai suatu wadah atau tempat diselenggarakannya pendidikan, tempat terjadinya interaksi yang saling mempengaruhi antara individu dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial serta tempat siswa dan guru berbagi dengan ketulusan hati) perlu untuk mewujudkan aset-aset negara yang memiliki budaya yang bermutu melalui proses pembelajaran yang efektif, sehingga generasi muda sebagai aset negara memiliki keunggulan dan daya saing baik lokal, nasional maupun global. Sekolah yang merupakan organisasi berlomba-lomba untuk memiliki budaya tersendiri yang dibentuk dan dipengaruhi oleh nilai-nilai, persepsi, kebiasaan-kebiasaan, kebijakan-kebijakan pendidikan dan perilaku orang-orang di dalamnya.

Berdasarkan asumsi diatas penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan budaya organisasi sekolah, perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktekkan oleh kepala sekolah, guru, petugas administrasi, siswa, dan masyarakat sekitar sekolah. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ciri khas, karakter atau watak, dan citra sekolah di masyarakat luas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu Kepala Sekolah, Wakasek bidang Kurikulum, Wakasek bidang Kesiswaan, Wakasek bidang Sarana dan Prasarana, Wakasek bidang Sumber Daya Manusia, Wakasek bidang Kurikulum, Guru, dan Siswa-siswi SMKN 1 Majalengka. Sampel yang digunakan dipilih melalui cara random.

Berdasarkan hasil penelitian, SMKN 1 Majalengka merupakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dengan memiliki standar ISO 9001 yang berfokus pada jaminan mutu dalam desain/pengembangan, produksi, instalasi, dan pelayanan. SMKN 1 Majalengka mempuyai visi menjadi SMK bertaraf internasional menghasilkan lulusan yang cerdas-komprehensif, dan kompetitif pada tahun 2015. Dalam pengembangan budaya sekolahnya, SMKN 1 Majalengka mngembangkan budaya dengan konsep Ecopreneur School, yaitu Sebuah rancangan sekolah yang memiliki konsep pendidikan menyeluruh atau terpadu yang memiliki keunggulan dalam aspek Kecerdasan Ekologis / Peduli Lingkungan (Ecological Intelligent), Jiwa Wirausaha (Entrepreneurship) yang ditopang oleh karakter Religius.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s