SKRIPSI PENGARUH MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH TERHADAP EFEKTIFITAS ANGGARAN DI SMPN SE-KOTA ( 5840 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Manajemen Keuangan Sekolah Tarhadap Efektifitas Anggaran Di SMPN Se-Kota Bandung”. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang gambaran manajemen keuangan sekolah dalam hal proses penganggaran, pencatatan, pelaporan dan auditing yang diukur melalui indikator perencanaan, persiapan anggaran, implementasi prinsip anggaran, prosedur proses pencatatan, alat proses pencatatan, prosedur proses pelaporan, implementasi prinsip pelaporan serta implementasi prinsip auditing, serta pengaruh manajemen keuangan sekolah terhadap efektifitas anggaran di SMPN se-Kota Bandung.

Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala  sekolah SMPN Se-Kota Bandung yang diambil sampel secara acak yaitu 34 orang responden.

Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik survey dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner.

Dalam menganalisis data, rumus yang dipergunakan yaitu Weight Mean Score (WMS), uji normalitas,  uji korelasi, determinasi, signifikasi dan regesi.

Hasil penelitian bahwa gambaran umum manajemen keuangan sekolah (variabel X) berdasarkan pehitungan kecenderungan skor rata-rata memperoleh hasil 85,80% skor ini berada pada kuartil 3 artinya termasuk pada kategori sangat tinggi yang menunjukan kualifikasi sangat baik. Kecenderungan skor rata-rata efektifitas anggaran (variabel Y) menunjukkan hasil 82,06% artinya menunjukkan kualifikasi sangat baik.

Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil bahwa manajemen keuangan sekolah memiliki hubungan yang sedang dan signifikan dengan efektifitas anggaran hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,435. Uji determinasi menunjukkan bahwa derajat hubungan antara motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru adalah sebesar 19%. Sedangkan Sisanya sebanyak 81% dipengaruhi oleh faktor lain antara lain kebijakan pemerintah, iklim organisasi, dan lain-lain.

Persamaan regresi, yaitu %4;  = Y = 0.206 + 0,911X. harga adalah bersifat signifikan dan linier, hal ini berarti bahwa jika tidak ada pengaruh manajemen keuangan sekolah (Variabel X) maka efektifitas anggaran (Variabel Y) akan mencapai angka 0,206. Kemudian apabila setiap perubahan satu unit variabel X akan memberikan perubahan pada variabel Y sebesar 0,911.

Kesimpulanya bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s