SKRIPSI PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN DIKLAT DAERAH PROVINSI ( 06038 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Diklat Daerah Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pegawai Badan Diklt Daerah Provinsi Jawa Barat. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana komunikasi internal yang berlangsung di Badan Diklat Provinsi Jawa Barat? 2) Bagaimana kinerja Pegawai Badan Diklat Provinsi Jawa Barat? 3) Bagaimana pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Diklat Provinsi Jawa Barat?
Komunikasi adalah penyampaian gagasan/ide yang disampaikan antara pimpinan dengan bawahan atau sebaliknya antara bawahan dengan pimpinan maupun antara bawahan dengan bawahan. Komunikasi biasanya dilakukan oleh pimpinan untuk menyampaikan aturan-aturan/keputusan yang dibuat untuk mempengaruhi dan menggerakan bawahan.
Komunikasi yang baik akan meningkatkan kinerja pegawai di suatu lembaga atau instansi terkait karena komunikasi yang efektif akan menimbulkan rasa saling pengertian, dan akan membawa pada suasana kerja menjadi nyaman, tidak akan ada konflik serta mendorong kerjasama antara para pegawai. Dengan demikian tugas – tugas mereka akan selesai tanpa beban dan pastinya akan meningkatkan kinerja pegawai itu sendiri.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 pegawai, akan tetapi jumlah sampel yang diambil sebanyak 57 orang. Pengunpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dengan 5 skala penilaian (Likert). Berdasarkan  hasil pemeriksaaan dan penyeleksian data, angket yang dapat diolah sebanyak 50 angket.

Hasil pengolahan data menunjukan bahwa rata-rata kecenderungan umum untuk variabel X (komunikasi internal), yaitu 3,86. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel X berada pada kategori baik, sedangkan rata-rata kecenderungan umum untuk variabel Y (kinerja pegawai), yaitu 3,81. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel Y berada pada kategori baik.
Berdasarkan pengujian normalitas terhadap distribusi data, diketahui bahwa kedua variabel (variabel X dan variabel Y) berdistribusi tidak normal.
Dilihat dari perhitungan koefisien korelasi (r hitung) yang dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi untuk variabel X  dan variabel Y sebesar 0,67. Artinya pengaruh kedua variabel tersebut kuat. Uji determinasi menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 45,83%. Sedangkan Uji signifikan, untuk Zhitung diperoleh nilai sebesar 6,34 dan Ztabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,021 karena 6,34 > 1,684 artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi internal terhadap kinerja pegawai.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa  DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s