PENGARUH PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SE-WILAYAH KECAMATAN ( 06100 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Wilayah Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur”. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilaksanakan Sekolah Dasar Se-Wilayah Kecamatan Ciranjang?; (2) Bagaimana prestasi belajar siswa sekolah dasar Se-Wilayah Kecamatan Ciranjang?; (3) dan Seberapa besar pengaruh pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar se-wilayah Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur?.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif didukung oleh studi kepustakaan. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu berupa angket tertutup yang ditujukan kepada guru Sekolah Dasar se-Wilayah Kecamatan Ciranjang sebanyak 65 orang. Pengolahan data yang diperoleh melalui angket menggunakan statistik parametik, yaitu: menggunakan teknik Weighted Means Scores (WMS), Analisis Korelasi, Uji Signifikansi (Uji t), dan Uji Determinasi serta Analisis Regresi dan bantuan program microsoft excel 2007.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan teknik WMS, diperoleh keterangan mengenai hasil kecenderungan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah sebesar 4,27 yang menunjukkan bahwa variabel tersebut berada pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil kecenderungan variabel prestasi belajar sebesar 3,92 yang menunjukkan bahwa variabel tersebut berada pada kategori baik. Data berdistribusi normal dan hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah dengan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari analisis korelasi yang diperoleh melalui perhitungan koefisien korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,409 yang berada pada klasifikasi sedang dan signifikan, sedangkan koefisien determinasinya sebesar 16,72%. Artinya nilai-nilai prestasi belajar dipengaruhi oleh pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah sebesar 16,72% sedangkan sisanya sebesar 83,28% dipengaruhi oleh faktor lain.

Hasil pengujian tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s