PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL(P2PNFI) REGIONAL ( 05689 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
udul penelitian ini adalah Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (P2PNFI) Regional I Bandung. Latar belakang penelitian ini yaitu bahwa dalam suatu organisasi muncul apabila adanya tujuan bersama yang hendak dicapai. Usaha pencapaian tujuan itu dapat dilaksanakan melalui koordinasi dan dalam pelaksanaan fungsinya dilakukan melalui proses komunikasi. Jika komunikasi dalam organisasi berjalan sepenuhnya, maka maksud dan tujuan organisasi sangat mungkin akan dipahami oleh seluruh anggota kelompoknya, dengan kata lain komunikasi berperan sebagai media yang dapat digunakan oleh seluruh anggota organisasi dalam menyampaikan kegiatan atau program kerjanya masing-masing kepada pihak lain yang terlibat dengan maksud untuk membentuk suatu kesepakatan bersama guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perilaku seseorang itu pada umumnya dirangsang oleh keinginan untuk mencapai beberapa tujuan. Adapun keinginan yang dimaksud diatas adalah motivasi yang merupakan pedorong agar seseorang itu melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuannya. 
Berdasarkan asumsi di atas penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran komunikasi internal, motivasi kerja pegawai dan pengaruh komunikasi internal terhadap motivasi kerja pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif dengan pendekatan kuantitatif dan didukung oleh studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui angket tertutup. Sampel yang digunakan yaitu seluruh pegawai yang berjumlah 54 orang. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah 1) perhitungan WMS untuk mengetahui kecenderungan skor responden, 2) uji normalitas distribusi data untuk mengetahui teknik statistik yang digunakan, 3) analisis korelasi untuk menguji hubungan keterkaitan antara variable X yaitu komunikasi internal dan variable Y yaitu motivasi kerja pegawai.

Berdasarkan hasil perhitungan WMS diperoleh skor rata-rata variable X (komunikasi internal) sebesar 2,91 berada dalam kategori baik dan variable Y (motivasi kerja pegawai) sebesar 2,92 berada dalam kategori baik.; data distribusi tidak normal dan hipotesis yang diajukan diterima artinya ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi internal terhadap motivasi kerja pegawai. Hal ini berdasarkan pada harga korelasi yang didapat sebesar 0,557 dan uji signifikansi sebesar 4,84 sedangkan besarnya koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y adalah 31,02% dan sisanya sebesar 68,98% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain-lain seperti faktor dari luar komunikasi yaitu struktur organisasi, iklim kepemimpinan, efisiensi organisasi dan kebijakan personalia.

Berdasarkan hasil pengelolaan,  dapat disimpulkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s