PENGARUH BUDAYA MUTU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN ( 60014 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Budaya Mutu Terhadap Kinerja Guru (Studi Deskriptif Terhadap Guru-guru di SMP Se-Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung)”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel Budaya Mutu (X) dan Kinerja Guru (Y). Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya mutu terhadap kinerja guru di SMP Sekecamatan Cilengkrang. Berdasarkan pada tujuan penelitian tersebut, maka hipotesisnya adalah: “terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya mutu terhadap kinerja guru”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah para guru yang berjumlah 46 orang yang tersebar di SMP Se-Kecamatan Cilengkrang. Sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh guru yang ada di SMP Kecamatan Cilengkrang.

Uji validitas dilaksanakan di SMP Triyasa Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung, hasil uji validitas menunjukkan bahwa instrumen sudah valid dengan beberapa item soal yang tidak valid dengan mengunakan rumus product moment, item soal yang tidak valid tersebut diperbaiki. Sedangkan untuk menguji reliabilitas mengunakan metode Alpha, hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai reliabilitas variabel X rhitung sebesar 0,819. dan rtabel 0,632 dengan demikian angket variabel X reliabel. Untuk variabel Y diperoleh rhitung sebesar 0,945 dan rtabel 0,632 ini berarti angket variabel Y juga reliabel.

Berdasarkan perhitungan rata-rata, diperoleh bahwa pengaruh budaya mutu di SMP Sekecamatan Cilengkrang baik dengan skor rata-rata sebesar 3,21 dan kinerja guru di SMP Sekecamatan Cilengkrang sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,30. Data berdistribusi normal dan hipotesis diterima artinya terdapat kontribusi yang signifikan antara budaya mutu dengan kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari analisis korelasi yang diperoleh melalui perhitungan koefisien korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,640. Hasil uji signifikan diperoleh thitung sebesar 5,53 dan ttabel 2,021 atau menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, sedangkan koefisien determinasinya sebesar 41,04%.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s