MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI SDIT ( 08221 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Dunia saat ini sedang memasuki masa tuntutan global dan kompetensi yang semakin kuat maka sudah selayaknya dunia pendidikan Indonesia memasuki paradigma baru yaitu “Era Heartstart” adalah sebuah  perubahan yang memberikan perhatian yang lebih besar kepada penyiapan kecerdasan emosi spiritual sehingga anak siswa diberi kesempatan untuk berkembang secara alami dengan penerapan character building dan parenting education.

Oleh karena itu pembaharuan (inovasi) system pendidikan adalah suatu keharusan dan akan terus diperlukan. Sejalan dengan kebijakan pemerintah memberikan otonomi luas kepada satuan pendidikan dan kepala sekolah dan khususnya wewenang yang lebih luas kepada kepala sekolah. Seorang kepala sekolah seyogyanya memahami visi lembaganya dengan membuat terobosan dan inovasi pengembangan Kurikulum Muatan Local dan Kegiatan Pengembangan Diri yang merupakan bagian integral KTSP melalui program pembelajaran berbasis karakter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan atau manajemen program pembelajaran berbasis karakter di tingkat Sekolah Dasar. Karena usia ini merupakan masa kritis pembentukan fondasi manusia holistic yang berkarakter yang akan melandasi jenjang pendidikan selanjutnya. Didalamnya akan dibahas mengenai bagaimana pengelolaan program pembelajaran berbasis karakter, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran berbasis karakter, serta hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.

Untuk mencapai tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan penelitian naturalistic kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data deskripsi mengenai kegiatan atau perilaku subyek yang ditelili, baik persepsinya maupun pendapatnya serta aspek-aspek lain yang relevan yang diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi kemudian mengolah data, mengklasifikasikan data, menganalisis data yang kemudian dilaporkan data hasil penelitian sebagaimana adanya yang terjadi dilapangan. 

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s