KONTRIBUSI MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN ( 6029 )

Posted: September 18, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara jelas mengenai Kontribusi Motivasi Kerja Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SD Negeri se-Kecamatan Antapani Kota Bandung. Rumusan masalahnya yaitu: 1). Bagaimana gambaran motivasi kerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Antapani Kota Bandung, 2). Bagaimana gambaran efektivitas pembelajaran di SD Negeri se-Kecamatan Antapani Kota Bandung, 3). Seberapa besar kontribusi motivasi kerja guru terhadap efektivitas pembelajaran di SD Negeri se-Kecamatan Antapani Kota Bandung.

Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian tersebut, penulis merumuskan hipotesis yaitu: “Terdapat kontribusi motivasi kerja guru terhadap efektivitas pembelajaran di SD Negeri se-Kecamatan Antapani Kota Bandung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang ditunjang dengan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner atau angket. Yang menjadi populasi penelitian dalam penelitian ini adalah 185 orang guru PNS di SD Negeri se-Kecamatan Antapani Kota Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil berdasarkan data yang mewakili populasi keseluruhan (respresentatif) yaitu 65 orang guru.

Teknik pengolahan data dilakukan melalui tahapan yakni menentukan alat pengumpul data, menyusun alat pengumpul data, uji coba alat pengumpul data, dan pelaksanaan pengumpul data. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode statistik dengan dibantu aplikasi program Microsoft Excel.

Berdasarkan data yang telah diolah menggunakan perhitungan Weight Means Score (WMS) diperoleh rata-rata variabel X (Motivasi Kerja Guru) sebesar 4,05 yang menunjukan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata variabel Y (Efektivitas pembelajaran) sebesar 3,50 yang menunjukan kategori baik.

Koefisien korelasi (r) antara variabel X dan variabel Y adalah sebesar 0,57 hal ini menunjukkan korelasinya cukup kuat. Koefisien determinan antara variable X dan variable Y sebesar 32%. Hal tersebut menandakan bahwa 68% efektiviyas pembelajaran dipengaruhi oleh faktor lain.

Taraf uji signifikasi t hitung antara variabel X terhadap variabel Y adalah harga t hitung sebesar 4,445 lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan 95% dengan dk= n-2 = 65-2 = 63 diperoleh nilai sebesar 1,670.

Berdasarkan hasil pengujian statistik secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s