STUDI KOMPARATIF PERILAKU SUPERVISI KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BANDUNG DENGAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN BANDUNG BARAT ( 6227 )

Posted: September 17, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini berjudul “Studi Komparatif Perilaku Supervisi Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bandung Dengan Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Bandung Barat”. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai perbedaan perilaku supervisi kepala SDN di kota Bandung dan SDN di kabupaten Bandung Barat.

    Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta ditunjang dengan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling dimana cara pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan status, sehingga sampel yang digunakan berdasarkan pada persepsi guru terhadap perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi. Dengan jumlah populasi 140 guru, maka dapat di ambil 58 orang guru sebagai sampel.

Berdasarkan hasil pengolahan data yang dihitung dengan menggunakan teknik WMS (Weight Means Scored) diperoleh skor rata-rata perilaku supervisi kepala SDN di kota Bandung sebesar 2,98 . Angka tersebut menunjukkan bahwa penggunaan perilaku supervisi kepala SDN di kota Bandung berada dalam kategori cukup. Sedangkan skor rata-rata perilaku supervisi kepala SDN di kabupaten Bandung Barat sebesar 2,86 . Angka tersebut menunjukkan bahwa penggunaan perilaku supervisi kepala SDN di kabupaten Bandung Barat berada dalam kategori cukup.

Hasil perhitungan uji  normalitas diketahui bahwa data berdistribusi tidak normal, maka untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Mann Whitney U-Test. Dikarenakan n1 dan n2 atau kedua-duanya lebih besar dari 20 maka test signifikansi untuk sampel besar , dengan menggunakan harga kritik Z. Dari hasil perhitungan didapat harga harga Z hitung sebesar 0,98 dan harga Z kritik sebesar 1,96 untuk test signifikansi 5% atau pada taraf kepercayaan 95%. Dikarenakan harga Z hitung < Z kritik maka dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku supervisi kepala sekolah dasar negeri di kota dengan sekolah dasar negeri di kabupaten.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s