PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SD AL-AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN CIMAREME ( 6199 )

Posted: September 17, 2011 in Uncategorized

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SD Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan Cimareme”. Masalah yang dipecahkan melalui penelitian ini adalah tentang (1) bagaimanakah pelaksanaan pengelolaan kelas di SD Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan Cimareme; (2) bagaimanakah efektivitas pembelajaran di SD Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan Cimareme; dan (3) berapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran   di SD Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan Cimareme. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SD Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan Cimareme, populasinya seluruh guru di SD dengan berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi secara tidak langsung, yaitu melalui penyebaran angket dengan menggunakan skala lima. Teknik pengolahan data yang dipergunakan adalah perhitungan kecendrungan umum jawaban responden, uji normalitas distribusi data  (Chi Kuadrat). Untuk menguji hipotesis, menggunakan metode korelasi spearman rank, menguji signifikansi koefisien korelasi yaitu dengan Uji-t, dan koefisien determinasi.

    Kecenderungan umum skor rata-rata variabel X (Pengelolaan Kelas) sebesar 4,32 dan berada dalam kriteria sangat baik, sedangkan skor rata-rata variabel Y (Efektivitas Pembelajaran) sebesar 4,10 dan berada dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan pengujian normalitas terhadap distribusi data diketahui bahwa variabel X (pengelolaan kelas) adalah berdistribusi normal, sedangkan variabel Y (efektivitas pembelajaran) adalah berdistribusi tidak normal. Teknik statistik yang digunakan adalah non parametrik, karena hasil pengujian normalitas datanya berdistribusi tidak normal. Korelasi yang digunakan yaitu rumus spearman rank dengan memperoleh nilai korelasi sebesar 0,644, hal ini menunjukkan bahwa variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (efektivitas pembelajaran), mempunyai hubungan yang kuat. Berdasarkan pengujian signifikansi terhadap variabel X dan Y,diperoleh harga t hitung  sebesar 3,668 sedangkan  t tabel pada tingkat kepercayaan 5% dengan (dk) = (n-2) = (21-2) = 19 diperoleh t tabel sebesar 1,729,  jadi t hitung  ≥ t tabel atau 3,668 ≥ 1,729, maka artinya signifikan. Sedangkan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 41,47% dan sisanya 58,53 % dipengaruhi oleh faktor lain, seperti motivasi guru dalam mengajar, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, memiliki sarana-sarana yang menunjang proses belajar mengajar, dan  komunikasi secara efektif (guru dan siswa).

Maka dapat disimpulkan bahwa DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s