KONTRIBUSI KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANDUNG ( 3966 )

Posted: September 17, 2011 in Uncategorized
Penelitian ini berjudul “Kontribusi Kinerja Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri se Kabupaten Bandung”. Dari judul yang dirumuskan, tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis yaitu untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja mengajar guru di SMA Negeri se Kabupeten Bandung, gambaran mengenai hasil belajar siswa di SMA Negeri se Kabupaten Bandung, serta mengetahui seberapa besar kontribusi kinerja mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri se Kabupaten Bandung.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan untuk mendukung serta mempertajam pemecahan masalah, dibantu dengan studi kepustakaan serta angket sebagai alat pengumpul data utama. Adapun yang dijadikan populasi penelitian adalah 6 SMA Negeri yang masing-masing diambil 2 SMA Negeri dari setiap Gugus/UPTD yang berjumlah 360 yang mewakili 19 SMA Negeri se Kabupaten Bandung. Data yang terkumpul untuk variabel X dan variabel Y berdistribusi normal, dengan demikian analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, yaitu: menggunakan teknik Weighted Means Scores (WMS), Analisis Korelasi, Uji Signifikansi (Uji t), dan Uji Determinasi serta Analisis Regresi.

          Dari hasil perhitungan, diperoleh skor umum variabel X (kinerja mengajar guru) rata-rata sebesar 4,09 yang artinya kontribusi kinerja mengajar guru di SMA Negeri se Kanupaten Bandung dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk variable Y (Hasil Belajar Siswa) diperoleh skor rata-rata sebesar 3,95 yang artinya hasil belajar siswa di SMA Negeri se Kabupaten Bandung dalam kategori baik. Adapun hasil perhitungan analisis koefisien korelasi (rxy) diperoleh angka korelasi sebesar 0,95 yang berarti tingkat hubungan antara kinerja mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Negei se Kabupaten Bandung berada pada tingkat sangat kuat dan signifikan. Sedangkan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 90,25% artinya bahwa variabel X (Kinerja Mengajar Guru) memberikan pengaruh terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Sedangkan sisanya 9,75% dipengaruhi oleh faktor lain.selanjutnya pada tingkat keterhubungan fungsional anatara variabel X dan Variabel Y diperoleh persamaan =525;= 4,893+1,284X artinya apabila ada perubahan pada variabel X sebesar satu unit maka variabel Y akan mengalami kenaikan sebesar 1,284.

    Berdasarkan temuan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa  DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s