Kontribusi Perencanaan Partisipatori Terhadap Produktivitas Organisasi di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( 4082 )

Posted: September 16, 2011 in Uncategorized

<!–[if !mso]> st1\:*{behavior:url(#ieooui) } <![endif]–>

Indonesia masih ketinggalan jauh dalam bidang pendidikan dibandingkan negara-negara lain. Prestasi literasi membaca dan matematika negara Indonesia pada tingkat internasional, berada pada urutan ke-39 dengan rata-rata nilai masing-masing 371 dan 367, dan untuk literasi IPA Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 41 negara dengan rata-rata nilai 393, (Sumber: Programme for International Student Achievement (PISA), 2003). Data tersebut menunjukkan bahwa negara Indonesia menghadapi pekerjaan rumah yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan matematika, IPA dan bahasa. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang terus-menerus dalam meningkatkan kinerja Lembaga PPPPTK sebagai salah satu institusi yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas guru IPA melalui program-program pendidikan dan pelatihan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru IPA adalah menyusun suatu perencanaan sebaik mungkin, agar bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap produktivitas organisasi.

Kondisi tersebut melatarbelakangi penelitian dengan judul “Kontribusi Perencanaan Partisipatori Terhadap Produktivitas Organisasi di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga  Kependidikan Ilmu  Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bandung”. Penelitian ini dilakukan pada pegawai di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bandung yang berjumlah 177 orang, dimana lembaga tersebut menyusun suatu perencanaan kerja dengan pola partisipatori.  Berdasarkan  penentuan jumlah sampel  yang mengikuti pendapat Taro Yamane atau Solvin (Riduwan dan Akdon, 2005: 255), maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 123 orang. Berdasarkan hasil perhitungan Korelasi Pearson Product Moment dikatahui koefisien korelasi 0,711 dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi sebesar 0,000 yang berarti berada di bawah 0,05. Maka dapat disimpulkan perencanaan partisipatori memiliki pengaruh yang 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s